Seo Services

Pemkot Cimahi Komitmen Mendorong Menaikkan Perekonomian Masyarakat UMKM Kota Cimahi


 


Cimahi, Bidik Nusantara News. 
Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi menggelar Bazar Bela Beli UMKM Cimahi yang digelar di lapangan Apel Kantor Pemkot Cimahi,m dengan menghadirkan puluhan pelaku UMKM di bidang kraft, pakaian dan kuliner, Kamis (25/07) 2024) 

UMKM merupakan garda terdepan ekonomi mikro yang mampu bertahan saat laju pertumbuhan ekonomi kota turun karena pandemi bahkan tetap mempertahankan kegiatan usahanya melalui berbagai inovasi dan kreativitas. Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif serta era globalisasi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah. Sejalan dengan itu, program dan kegiatan yang menjadi tugas dan fungsi Disdagkoperin Kota Cimahi salah satunya berkaitan promosi perdagangan melalui event. 

Penjabat Walikota Cimahi Diky Saromi menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam membina para pelaku UMKM sekaligus memberi ruang bagi UMKM dalam menjajakan produknya baik untuk memasarkan maupun untuk memperluas jangkauan memperdagangkannya sehingga mereka semakin hari semakin mapan untuk menjadi pengusaha. 

Dicky juga menjelaskan, pembinaan UMKM Kota Cimahi merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Cimahi yang salah satunya merupakan upaya untuk mewujudkan Cimahi Campernik dan persiapan generasi Emas 2045 Indonesia yang salah satu indikatornya adalah dari total populasi itu, untuk itu 4 sampai 5  persennya adalah pengusaha. Untuk mewujudkan hal tersebut, Dicky mengaku pihaknya terus berupaya untuk membina pelaku UMKM agar semakin berproses untuk semakin naik kelas dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan. 

"Harapannya para pelaku UMKM ini dapat membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga dunia usaha di Kota Cimahi akan dapat tumbuh semakin maju, sehingga nanti masyarakat Cimahi itu tidak mencari lapangan pekerjaan disektor-sektor formil saja, tetapi mereka harus bisa mandiri dengan iklim usaha yang sehat, "tuturnya.

"Selain menggelar Bazar Bela Beli UMKM Kota Cimahi, Disdagkoperin Kota Cimahi juga menyediakan pasokan beras premium bersubsidi SPHP melalui program SIBESTI. 

SIBESTI merupakan program Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Bandung untuk menyediakan beras setiap bulan secara terjadwal untuk memastikan pasokan beras memadai bagi masyarakat, "ungkapnya.


*Amron Sihombing.

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.